Sukseskan PMMB, Semen Tonasa Gandeng 9 Perguruan Tinggi

PT. Semen Tonasa telah merampungkan kerjasama bersama perguruan tinggi untuk menyukseskan program magang mahasiswa bersertifikat. Hal itu ditandai setelah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PT. Semen Tonasa dengan 8 perguruan tinggi pd hari Senin kemarin (11/3) bertempat di Kantor Pusat PT. Semen Tonasa, Kab. Pangkep Sulawesi Selatan. Penandatanganan naskah perjanjian kerjasama dilakukan oleh Direktur Keuangan Dan SDM PT. Semen Tonasa, Ir. Bambang Eko Prasetyo, MBA bersama para Rektor/Direktur pimpinan perguruan tinggi .

Sebelumnya pada bulan Desember 2018, telah ditandatangani juga kerjasama dengan Universitas Hasanuddin yg kemudian dilanjutkan proses pemagangan Batch 1 pada bulan Januari 2019 diikuti 19 orang mahasiswa.

Direktur Keuangan dan SDM PT. Semen Tonasa, Ir. Bambang Eko Prasetyo, MBA, dalam sambutannya mengatakan Program pemagangan ini merupakan program unggulan dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang diinsiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Republik Indonesia. Bambang menyambut baik respon dan kerjasama perguruan tinggi yang ikut terlibat menyukseskan program FHCI dan Kementrian BUMN ini.

Menurut Bambang , penandatanganan kerjasama ini merupakan bukti kesiapan dan dukungan BUMN untuk generasi dan hadir untuk negeri, dan kita bercita cita jika indonesia yang kaya ini dapat dikelola oleh SDM Nasional, hasil dari program PMMB ini sendiri.

Terpisah Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Musafir Pababbari, M.Si mengapresiasi upaya BUMN khususnya PT. Semen Tonasa, dia berharap program ini menjadi corong informasi kurikulum sekaligus upaya pihak kampus dalam mensinergikan kebutuhan Industri dan kesiapan mahasiswa itu sendiri.

Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof. Dr. H. Basri Modding, M.Si menyebutkan, mahasiswa yang mengikuti program PMMB ini, tidak diwajibkan mengikuti KKN di Kampus, mereka yang mengikuti PMMB adalah mahasiswa yang sudah melalui tahap seleksi, baik di tingkat kampus, maupun di perusahaan. PMMB ini memiliki beban akademik bagi mahasiswa sebagai pengganti KKN.

Abdul Rachmat Noer, GM of Human Capital dan General Affairs PT. Semen Tonasa menyebutkan kesembilan kampus yang sudah bekerja sama melalui PMMB ini adalah Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri atau UIN Alauddin, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN), Politeknik ATIM, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Fajar. (Humas-ST).